Home » » Tips Mengatasi Lumpur Yang Masuk Hingga ke Mesin dan CVT

Tips Mengatasi Lumpur Yang Masuk Hingga ke Mesin dan CVT



Ketika offroad tentu saja kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi. Ya karena memang itulah tantangannya, tapi kadang hal tidak terduga terjadi seperti yang saya alami bersama si jagur minggu lalu ketika offroad ke hambalang.

Tanpa diduga karena terlalu semangat gasspoll si jagur “kejeblos” di kubangan lumpur hingga bagian mesin sepenuhnya tenggelam. Masalahnya posisi filter masih standar. 


Alhasil motor langsung mati mendadak, lantas apa yang harus diakukan kalau sudah begini?

Yang saya lakukan motor di tarik dulu ke pinggir sungai, langsung buka box filter. Ternyata lumpur sudah masuk sampai throtle body. Filter jebol karena saya pakai filter yang sudah di ganti busa. 


Setelah diagnosa singkat, motor tidak bisa di stater dan disela manual pun seperti sudah ada yang mentok, diputuskan untuk bongkar throtle body dan cvt. 

Motorpun di evakuasi dulu ke warung ponteng, agar lebih mudah untuk proses operasi.


Bagian mesin menjadi fokus utama. Box filterpun dicopot, ternyata lumpur sudah sampai bagian tersebut. throtle body sudah penuh lumpur. throtle body pun dicopot. throtle body langsung disemprot dengan bensin yang dimasukkan ke dalam botol akua yang tutupnya dibolongi sampai bersih.
Setelah body dilepas semua, busi pun dilepas. Ternyata lumpur juga sudah masuk ruang bakar.
 
Melalui lubang intake, kembali disemprot dengan bensin menggunakan botol akua bekas, setelah masuk bensin kira-kira setengah botol, baru motor mulai di sela pelan². Dari lubang busi lumpur bercampur bensin pun tersembur. Proses ini terus dilakukan untuk mencuci ruang bakar dari lumpur yang masuk hingga dari knalpot tidak ada lagi lumpur yang keluar.

Setelah mesin slesai, pembersihan bergesar ke sektor CVT. Setelah cober CVT dibuka lumpur telah menumpuk hingga memenuhi setengah dari CVT. 

Karena terdapat bagian karet yang bisa selip, pembersihan pun dilakukan dengan menggunakan air saja. Karena tidak membawa kunci² CVT pembersihan dilakukan dengan kira² saja.


Setalah semua dirakit kembali, mesin pada awalnya di engkol manual dulu untuk memastikan semua baik² saja. Setelah beberapa lama di stater motor kembali nyala dengan normal. 

Alhamdulilah knalpot tidak ngebul, CVT juga berjalan dengan normal tanpa ada gejala selip.

Setelah semua dirakit lagi, usai makan siang perjalananpun dilanjutkan kembali..

Catatan: 
untuk offroad selalu bawa kunci² lengkap untuk menghadapai hal yang tidak terduga. Kekompakan tim juga sarus solit untuk bisa menghadapi segala tantangan yang dihadapi bersama-sama

Tips By : Agsa Fahmi
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar