Ketika offroad tentu saja kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi. Ya karena memang itulah tantangannya, tapi kadang hal tidak terduga terjadi seperti yang saya alami bersama si jagur minggu lalu ketika offroad ke hambalang.
Tanpa diduga karena terlalu semangat
gasspoll si jagur “kejeblos” di kubangan lumpur hingga bagian mesin
sepenuhnya tenggelam. Masalahnya posisi filter masih standar.
Alhasil
motor langsung mati mendadak, lantas apa yang harus diakukan kalau
sudah begini?
Yang saya lakukan motor di tarik dulu ke pinggir
sungai, langsung buka box filter. Ternyata lumpur sudah masuk sampai
throtle body. Filter jebol karena saya pakai filter yang sudah di ganti
busa.
Motorpun di evakuasi dulu ke warung ponteng, agar lebih mudah untuk proses operasi.
Bagian mesin menjadi fokus utama. Box filterpun dicopot, ternyata lumpur sudah sampai bagian tersebut. throtle body sudah penuh lumpur. throtle body pun dicopot. throtle body langsung disemprot dengan bensin yang dimasukkan ke dalam botol akua yang tutupnya dibolongi sampai bersih.
Melalui lubang intake, kembali disemprot dengan bensin menggunakan
botol akua bekas, setelah masuk bensin kira-kira setengah botol, baru
motor mulai di sela pelan². Dari lubang busi lumpur bercampur bensin pun
tersembur. Proses ini terus dilakukan untuk mencuci ruang bakar dari
lumpur yang masuk hingga dari knalpot tidak ada lagi lumpur yang keluar.
Setelah mesin slesai, pembersihan bergesar ke sektor CVT. Setelah cober CVT dibuka lumpur telah menumpuk hingga memenuhi setengah dari CVT.
Karena terdapat bagian karet yang bisa selip, pembersihan pun dilakukan
dengan menggunakan air saja. Karena tidak membawa kunci² CVT pembersihan
dilakukan dengan kira² saja.
Setalah semua dirakit kembali, mesin pada awalnya di engkol manual dulu untuk memastikan semua baik² saja. Setelah beberapa lama di stater motor kembali nyala dengan normal.
Alhamdulilah knalpot tidak ngebul, CVT juga berjalan dengan normal tanpa ada gejala selip.
Setelah semua dirakit lagi, usai makan siang perjalananpun dilanjutkan kembali..
Catatan:
untuk offroad selalu bawa kunci² lengkap untuk menghadapai hal
yang tidak terduga. Kekompakan tim juga sarus solit untuk bisa
menghadapi segala tantangan yang dihadapi bersama-sama
Tips By : Agsa Fahmi
Tips By : Agsa Fahmi
0 komentar:
Posting Komentar