Home » » Upgrade CVT X-Ride

Upgrade CVT X-Ride

Waktunya Update Artikel Divisi Oprek Depokers, kali aja bisa menjadi masukan dan jadi pertimbangan depokers dan X-riders semua, Pengerjaan dilakukan kami berdua,saya dan aki reman (Pemilik Reman Speed Shop) :
  • Motor :
    1. Sule (Nama Motor Saya sendiri),tinggi depan tambah 7 cm pake ring 17, blakang tambah 12 cm. Mesin standar, open filter.
    2. Motor aki reman, standar tinting semua 
     
  • Part-part yang digunakan :
    1. Kampas relining karbon by ikim production, karung goni/full competition by ikim production, kampas standar.
    2. Mangkok ori dan mangkok beralur kawahara.
    3. Per sentri beat, ori,1000rpm,1500rpm, 2000rpm.
    4. Per CVT ori, kawahara 1000,1500,2000rpm.
    5. Pulley coakan dan derajat kemiringan pulley dan kipas diturunkan.
    6. Roller, 5 sd 11 gram.

  • Hasil :
    Untuk mendapatkan hasil maksimal pada sule, yg sudah ditinggiin lebih susah dibanding dengan motor standar aki reman. Tetapi optimasi cvt sangat berefek dibanding dengan sule yg tidak dioptimalkan cvt nya.

  • Penjelasan Part-part yang dipakai di CVT :
    1. Kampas Ganda

      Kampas relining tipe karbon terbuat dari bahan yg mengandung karet, sehingga lebih menggigit dari kampas standar/bawaan.

      Dengan pake kampas ini, hentakan awal lebih dapat, karena kampas lebih pakem dibandingkan dengan bahan standart yg kemungkinan hentakan awalnya ada masa selipnya sebelum menggigit..

      Kampas karung goni/full competition. Menurut pengalaman akang Ristianto Dweey yg pernah pake kampas ini di vario bore up, kampas ini sangat enak dipakai. tetapi sewaktu di aplikasikan ke x ride, belum menemukan setelan yang pas.

      Kemungkinan karena kampas karung goni lebih dikhususkan untuk kompetisi dengan mesin yg sudah di bore up, Kampas karbon lebih berasa klo pake roller 7 gram keatas. Untuk roller ringan kurang terasa, karena roller ringan juga membantu pada hentakan awal.

      Jadi,kampas karbon untuk saat ini yg terbaik digunakan. Kampas karbon sangat terasa untuk upgrade CVT
      .
    2. Mangkok ganda ori dan Kawahara
      Mangkok ulir kawahara, membuat kampas lebih menggigit dbanding dengan mangkok bawaan ori.
      cumaaaa.... mangkok ini sangatlah jahat, karna bisa menghabiskan kampas tersebut, jadi klo pake mangkok ini, kampas akan semakin cepat menipis, dan saya menyarankan tidak rekomend untuk dibuat harian, kecuali untuk balap yang hanya sekali pakai.

      Jadi,
      Untuk mangkok cukup menggunakan mangkok ori untuk harian.
    3. Per Sentri / Per Kampas

      Berikut urutan kelenturan per sentri :
      • Per ori beat, rpm?
      • Per ori x ride, rpm?
      • Per ktc mio 1000rpm
      • Per ktc mio 1500rpm
      • Per ktc mio 2000rpm
      Putaran idle mesin x-ride ada dibawah 1000rpm. Ini dibuktikan menggunakan per sentri 1000rpm keadaan idle,ban belum berjalan. Untuk mendapatkan hentakan awal yg galak, ternyata dibutuhkan putaran yang lebih tinggi sebelum kampas menggigit mangkok.

      Itu sebabnya  vario  125  atau   xeon  125   lebih galak  pada  hentakan  awalnya  dbandingkan x- ride, karena kemungkinan putaran idle mesin lebih tinggi menggunakan per setri yg lebih keras.

      Untuk mengakali hal tsb,agar mendapatkan hentakan awal yg galak, maka digunakan per sentri 1500 rpm,dan mesin sewaktu digas dibutuhkan RPM lebih dr 1500,kampas akan mekar dan mangkok akan kaget bertemu dengan kampas,sehingga didapat hentakan awal yg galak..

      Pada RPM ini, kampas karbon sangat terasa, karena daya gigitnya yang lebih dibandingkan kampas ori. Selain itu, untuk mendapatkan titik tersebut, beberapa hal yg perlu disesuaikan, seperti per cvt yg tidak terlalu keras, karena menambah beban putaran mesin, tetapi tidak terlalu lembek juga, karena tarikan awal terasa kosong, serta roller yg tidak terlalu berat karena telat mencapai titik tersebut, dan tidak terlalu ringan pula karen banyak yg terbuang.

      Kelemahan menggunakan per sentri yg keras adalah lubang kaitan kampas yg gampang dower, karena terlalu keras. untungnya aki reman, our chief mecanic, mendapatkan tips utk mengakalinya, yaitu dengan menggunakan kable ties yg kecil pada lubang kaitan sepatu kampas sebagai penahan kekerasan per sentri 1500rpm.

      Sebagai tambahan informasi, Menggunakan per ori beat buka gas sedikit motor langsung jalan.


    4. Per CVT
      Berikut urutan kelenturan Per CVT :
      • Per ori x ride, kemungkinan sekitar 800rpm, lebih lentur dari 1000rpm
      • Per 1000rpm
      • Per 1500rpm
      • Per 2000rpm

      Menyesuaikan per sentri 1500rpm, maka didapat yang pas untuk mesin standar adalah per ori x-ride atau per 1000rpm.

      Hal ini juga tergantung dengan knalpot standar atau knalpot bobokan/freeflow..
      Knalpot freeflow/bobokan meringankan tarikan, Untuk knalpot freeflow yg terbaik adalah menggunakan per 1000rpm dimana didapat hentakan awal, tarikan menengah sampai dengan atas tidak kempos. jika menggunakan per ori ,tarikan tengah sampai dengan atas terasa kempos.

      Utk knalpot standar,per ori terasa sekali hentakan awal,cuma tarikan menengah sampai dengan atas agak sedikit kosong..

      Pake per 1000rpm bisa mengisi kekurangan tarikan tengah dan atas..

      Penggunaan per 1500rpm sangat enak karena gas terasa padat berisi, sayang karena salah satu targetnya adalah hentakan awal, dan didapat dari per sentri 1500rpm, per cvt 1500rpm memperberat gas awal utk mencapai tersebut..

      Jadi Per 2000rpm tidak direkomendasikan sama selali, karena berat dan beban v belt lebih besar.
    5. Pulley Coakan dan Drajat Dikurangi

      Yang saya rasakan pada sule,efeknya adalah nafas diatas terasa naik sampai 1 gram keatas..

      Pernah pake roller 5 gram pulley stadar,mesin cuma gerung aja..pas coba pake pulley coakan,terasa seperti pakai roller 6 gram bagian tarikan atas..

      Begitu  juga  pake 6 gram+ pulley coakan,bawah dapet 6 gram atas terasa 7 gram.
      Ada beberapa input masukan dari teman2 depok, lebih terasa adalah diturunin derajat kemiringannya dibanding dicoak pulleynya, seperti yg teh nindi rasakan.

      Sebelum dia menggunakan pulley coakan+turun drajat,dia sudah biasa pakai pulley turun drajat,dan menurut dia, tidak begitu signifikan, karena sebelumnya dia menggunakan pulley turun drajat..cuma jika dibandingkan dengan pulley ori, akan terasa lebih, seperti saya dan kang franklin rasakan..

      Pendapat lain diutarakan oleh kang dava, dia menggunakan pulley coakan tanpa turun drajat.. dia katakan memang menambah nafas atas..
    6. Roller

      Utk roller telah dicoba 5 gram = gerung dan 6 gram = gerung juga Utk setelan per sentri 1500 dan per cvt 1000, penggunaan 8 atau 9 gram pas utk motor aki reman standar tinting. Setelah ditest di motor aki reman dengan:

      Setelan CVT dan Knalpot ori

      1. kampas karbon
      2. mangkok ori
      3. per sentri 1500rpm
      4. per cvt 1000rpm
      5. pulley coakan drajat diturunkan
      6. Roller 8 gram
      Setelan Knalpot feeflow/bobokan
      1. kampas karbon
      2. mangkok ori
      3. per sentri 1500rpn
      4. per cvt 1000rpm
      5. pulley coakan drajat diturunkan
      6. roller 9 gram


      Didapat hentakan awal lebih galak, dengan berat Rider 95kg boncengers 65kg dengan kecepatan mencapai 80km/jam sangat mudah didapat, diatas itu, saya sebagai rider tidak punya nyali.. aki reman pernah mencoba 100km/jam pada siang hari keadaan jalan ramai,belum sampai topspeed..

      Untuk setingan CVT di setiap motor akan beda setingannya, tetapi tidak jauh berbeda dari setingan diatas..tergantung dari tinggi shock, knalpot, mesin borap atau tidak..

      Kurang lebih riset cvt yg telah saya dan aki reman lakukan selama ini
      Mudah2an bermanfaat..



      Review by : Widi Tri Raharjo

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

  1. Permisi om, ane coba pake roller tdr 8gr mio sama per cvt mio 1500rpm ane masih pake knalpot ori, gas awak berat, tapi oas di 30-60 enak tapi susah buat ke 80kmpj ada saran lagi gan? Per sentri ane masih pake ori

    BalasHapus
  2. Free Bonus - Shootercasino
    In other words, this is the most important bonus you can get at the 제왕 카지노 casino. This worrione free bonus is to receive 메리트 카지노 쿠폰 one of four free spins as soon as possible.

    BalasHapus